BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
mausian dan cinta kasih . penderitaan
dan keadilan adalah ungkapan perasaan yang didukung oleh unsure karsa . yang
berupa tingkah laku manusia dan pertimbagan dengan akan yang menimbulkan
tanggung jawabnya . dalam kasih tersimpul keadilan yang seimbang antara hak dan
kewajiban manusian.
Dengan membaca isi makalah ini dan
pembahasannya semuga teman-teman bisa mengambil manfaat dari makalah ini dan
bisa memahaminya .
Dan untuk memperjelas isi dari makalah
ini kami akan membuat rumusan makalah sebagai berikut.
B. Rumusan
Masalah
1. Apa
yang dimaksud dengan arti cinta kasih ?
2. Apa
yang di maksud dengan manusia dan penderitaan ?
3. Apa
yang di maksud dengan keadilan ?
C. Tujuan
Masalah
1. Untuk
mengetahui apa arti cinta dan kasih.
2. Untuk
mengetahui apa arti penderitaan.
3. Untuk
mengetahui apa arti keadilan .
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Arti cinta kasih
cinta
kasih bersumber pada ungkapan perasaan yang di dukung oleh unsure karsa , yang
dapat berupa tingkah laku dan pertimbagan dengan akal yang menimulkan tanggung
jawab . dan cinta kasih tersimpul pula rasa kasih sayang dan kemasraan .belas
kasih dan pengabbdian .cinta kasih yang disertai dengan tanggung jawab
menciptakan keserasian , keseimbangan , dan antara manusia dengan tuhan .
Apabila
di rumuskan secara kesadaran , cinta kasih adalah perasaan kasih sayang ,
kemesraan ,belas kasihan dan pengabdian yang di ungkapkan dengan tingkah laku
yang bertanggung –jawab .tanggunng jawab artinya akibab yang baik , positif, berguna,
saling menguntungkan , menciptakan keserasiaan , keseimbangan, dan kebahagiaan.
[1]
Macam-macam
cinta kasih
Adanya beberapa macam
cinta kasih ,yaitu sebagai berikut .
1. Cinta
kasih antar orang tua dan anak , orang tua yang memperhatikan dan memenuhi
kebutuhan anaknya, berarti mempunyai rasa cinta kasih terhadap anak . mereka
selalu mengharapkan agar anaknya menjadi orang baik dan berguna di kemudian
hari.
2. Cinta
kasih antar pria dan wanita .seseorang menaruh perhatian terhadap seorang gadis dengan prilaku baik ,lemah lembut
,sopan ,apalagi memberikan seuntai mawar merah ,mearti ia menaruh cinta kasih terhadap gadis itu.
3. Cinta
kasih antar sesame manusia .apabila seorang sahabat berkunjung kerumah kawannya
yang sedang sakit dan membawa obat kepadanya berarti bahwa sahabat itu menaruh
cinta kasih terhadap kawannya yang sakit itu.
4. Cinta
kasih antara manusia dan tuhan . apabila seorang taat beribadah , menurut
perintah tuhan , dan menjahui larangan-nya , orang itu mempunyai cinta kasih
kepada tuhan penciptanya.
5. Cinta
kasih manusia terhadap lingkungannya. apabila seseorang menciptakan taman yang
indah ,memelihara taman pekarangan ,tidak menebang kayu di hutan seenaknya, menanam
tanah gundul dengan teratur ,tidak berburu hewan secara semena-mena atau
dikatakan bahwa orang itu menaruh cinta kasih atau menyayangi linkungan hidupnya .
Demikiananlah
, berbagai contoh prilaku manusia yang melukiskan cinta kasih ,sebagai kebutuhan kedrati manusia . M
Ungkapan cinta kasih
cinta kasih adalah ungkapan perasaan
yang di wujudkan dengan tingkah laku ,seperti dangan kata-kata , tulisan,
gerakan , atau media lainnya. ungkapan dengan kata- kata atau pernyataan ,
misalnya ungkapan . Aku cinta kepada mu . ungkapan dengan tulisan
misalnya surat cinta , surat ibu kepada ibunya .ungkapan dengan gerakan misalnya
salaman, pelukan, ciuman dan rangkulan . ungkapan dengan media misalnya
setangkai bunga ,benda souvenir dan benda kado. ungkapan ungkapan selain dalam
bentuk nyata ,juga dalam bentuk karya budaya,misalnya seni suara , seni sastra
, seni drama ,film, dan seni lukis .[2]
orang yang mempunyai perasaan cinta
kasih ,hidupnya penuh gairah, banyak inisiatif ,dan penuh kreatif. bagi seniman
prilaku cinta kasih dituangkan dalam bentuk karya budaya sehingga dapat
menikmati pula oleh msayrakat .dengan demikian masyarakat dapat menarik
nilai-nialai kemanusiaan yang terungkapmelalui karya budaya itu .
B.
Manusia
dan penderitaan
penderitaan berasal dari kata derita
.berasal daribahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung .derita
artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenagkan .
penderitaan itu dapat berbentuk lahir
atau batin, kebudayaan termasuk
penderitaan ialah keluh kesah ,kesengsaraan , kelaparan ,kekenyangan ,
kepanasan dan lain-lain .
AI-Quran
maupun kitab suci agama lain banyak menguraikan penderitaan manusia sebagai
peringatan bagi manusia
ampir
semua karya besar dalam bidang seni dan
filsafat lahir dari imajinasi penderitaan .Epos Ramayana dan maha Bharata
merupakan salah satu contoh cerita yang penuh penderitaan .
karya Shakespeare pun bayak menggunakan penderitaan batin yang
di alami para pemeluknya .dalam dram Romeoa and juhet ,Shakespeare ingin
mengemonikasikan penderitaan batin dua
maja yang sedang dilandai cinta . kedua orang tuanya saling bermusuhan
,sehingga tak mungkin bagi mereka untuk melengsungkan cintanya sampai jenjang
perkawinan. Betapa terharu dan pilu hati pembaca atau penonton (flim)
menyelesaikan ketragisan kedua remaja itu yang berakhir dengan kematian .
disini kita mengharapkan dapa pihak –pihak yang di cekam oleh harga diri yang
palsu atau lebih tepat kesombongan orang tua . karena sifat dan sikap yang
congkak itu, anak mereka sangat di cintai menjadi korban .
Dalam riwayat nabi Muhammad SAW pun , di
ceritakan bahwa beliau di lahirkan sebagai anak yatim dan kemudian yatim piatu
, yang di besarkan kakeknya kemudian pamannya.beliau mengembala kambing,
berkerja pada orang , dan sebagiannya bahkan sebagai besar hidupnya mengalami
penderitaan yang luar biasa .
Dalam riwayat hidup Budha Gautama , yang
di pahatkan dalam bentuk relief dapa dingding candi Borobudur kita juga melihat
adanya penderitaan , meskiun berupa relief , hati kita pilu dan haru pada saat
melihatnya seorang pangeran ( Sidharta ) yang meninggalkan istana yang
bergemerlapan , masuk hutan menjadi bhiksu dan makan dengan cara mengemis.
mengembara di hutan yang penuh penderitaan dan tangtanggan .
kalau kita baca buku riwayat hidup orang
orang besar, semuanya di mulai dengan penderitaan Hamka , mengalami penderitaan
yang hebat pada masa kecilnya ,hingga ia hanya sempat mengecapkan sekolah kelas
II saja . namun iya mampu menjadi orang terkenal , orang besar pada zaman nya , berkat pejuangan hiduonya
melawan penderitaan .
Siksaan
Apa bila berbicara tentang siksaan , terbayang
di benak kita sesuatu yang sangat mengerikan , bahkan mendirikan bulu kuduk
kita . di dalam benak kita , terbayang seseorang yang tinggi besar, kokoh yang
kuat dan dengan muka yang seram sedang memegang cemeti yang siap menyabukkan
tubuh orang yang akan di siksa , atau ia memegang tang atau siap mencopot kuku
orang yang di siksa . mungkin juga sang penyiksa sedang merokok dan bermaksud
untuk menyulut sekujur tubuh orang yang di siksa itu memenuhi pemertaan
penyiksa atau sebagai perbuatan balas dendam.
Rasa sakit
rasa sakit adalah rasa yang penderitaan
akibat menderita suatu penyakit .rasa sakit ini dapat menimpa setiap manusia
karya miskin besar , tua muda , berperangkat atau rendahan tak dapat
menghindarkan diri darinya . orang bodoh atau pintar bahkan dokter sekalipun .
penderitaan
,rasa sakit, dan siksaan merupakan rangkaian peristiwa yang satu dan lainnya
tak dapat dipisahkan merupakan tentara sebab akibat nya , karena siksaan ,
orang merasa sakit , dank arena merasa sakit ,orang menderita .atau sebaliknya
, karna penyakit nya tak sembuh-sembuh , ia merasa tersiksa hidupnya, dan
mengalami penderitaan
Neraka
berbicara tentang nerakan , kita selalu
ingat kepada dosa . juga terbayang dalam kein gatan kita, siksaan yang luar
biasa , rasa sakit dan penderitaan yang hebat . jelas bahwa antara neraka ,siksaan
,rasa sakit, dan penderitaan terhadap hubungan tak dapat di pisahkan satu sama
lain .empat hal itu merupakan rangkayan sebab akibat .
manusia
masuk neraka karena dosanya .oleh karna itu bila kita berbicara tentang neraka
tentu berkaitan dengan dosa . berbicara tentang dosa berarti juga berbicara
tentang kesalahan .
C.
Manusia
dan keadilan
keadilan adalah penguat dan perlakuan
yang seimbang antara hak dan kewajiban . jika mengakui hak hidup kita wajib
mempertahankannya dengan berkerja keras tampa merugikan orang lain ,karna
orangpun mempunyai hak hidup seperti kita .jika kita mengakui hak hidup orang
lain kita wajib memperkesepakatan kepada untuk mempertahankan hak hidup mereka
sendiri . jika keadilan pada pkoknya terletak pada keseimbagan atau
keharmonisan atara penuntut hak dan orang yang menjalankan kewajibannya .
berdasarkan
kesadaran etis ,kita tidak boleh hanya menuntut hak tampa memperhatikan
kewajiban jika hal itu terjadi sikap dan tindakan kita akan mengarah kepada
pemerasan dan memperbudak orang lain .
sebagai
contoh seorang kariawan yang hanya menuntut hak kenaikan upah tampa
meningkatkan hasil kerjanya cenderung
disebut pemerasan, sebaliknya ,orang majikan yang terus menerus memeras
tenaga orang lain ,tampa memerhatikan kenaikan upah dan kesejahteraannya
cenderung memperbudak penawainya . oleh karna itu ,untuk memperoleh keadilan ,
misalnya , kita menuntut kenaikan upah ,tetapi mengiringi dengan usaha
meninggalkan prestasi jika kita . Apabila kita menjadi majikan, kita harus
memikirkan keseimbagan kerja dengan upah yang mereka terima .
Kejujuran
jujur atau kejujuran berarti sesuai
dengan dengan hati nurani .jujur berarti besih hati dari perbuatan yang
dildrang oleh Negara dan hukum jujur berarti pula menepati janji ,baik yang telah terlahir dalam kata-
kata maupun dalam niat, dengan cra menepati .apabila niat tadi berakhir dalam
kata-kata , maka kebohongannya akan disaksikan oleh orang lain.[3]
Kurangan
Curang atau kekurangan artiya tidak
sesuai dengan hati nurani . namun , bisa saja , seseorang telah berniat curang
atau memperoleh keuntugan tampa harus berusaha keras . keuntugan disini adalah
keuntugan yang berupa materi . pelakunya menganggap bahwa materi mendatang
kesenagan , meskipun orang lain menderita karenanya .kecurangan menyebabkan
manusia menjadi serakah ,tamak, ingin menimpun kekayaan yang berlebihan dengan
tujuan agar dianggap sebagai orang yang hebat, paling kaya , dan senang bila
masyarakat keselilingnya hidup mederita orang seperti itu biasanya tidak senang
bila ada yang melebihi kekayaannya ,
padahal agama apapun tidak menebarkan orang mengumpulkan harta dengan jalan
curang.
Ditinjau
dari hubungan manusia dengan alam sekitarnya ada empat aspek yang menyangkut
hidup manusia yakni aspek ekonomi , aspek kebudayaan , aspek peradaban , dan
aspek tehnik , apa bila keempat aspek tersebut dilaksanakan secara wajar ,
segalanya akan menjalan sesuai dengan norma –norma moral dan norma hukum . akan
tetapi, apabila hati manusia hati manusia telah digerogoti jiwa tamak ,iri ,
dengki iya akan melakukan perbuatan
norma tersebut, dan terjadilah kekurangan .
Pemulihan Nama Baik
Nama baik merupakan tujuan utama orang
hidup . Setiap orang berusaha untuk menjaga agar namanya tetap baik . lebih
–lebih jika ia adalah teladan bagi orang lainnya.
Ada pribahasa yang berbunyi dari pada
berputih mata lebih baik berputih tulang yang artinya orang lebih baik mati
dari pada malu, betapa besar nilai nama baik itu sehingga nyawa menjadi
taruhannya setiap orang tua selalu perpesan kepada anaknya . jagalah nama
keluargamu . dengan menyebut nama berarti sudah mengandung arti nama baik .
adpula pesan orang tua jangan membuat malu . pesan itu juga berarti menjaga
nama baik orang tua yang menghadapi anaknya yang sudah dewasa seling kali
berpesan laksanakan kau anggap baik dan jangan kau laksanakan apa yang kau
anggap tidak baik, dengan melaksanakan apa yang baik berarti menjaga nama baik
dirinya sendiri , yang berarti menjaga nama baik keluarga . [4]
penjaga nama baik erat berhubugan dengan
tingkah laku atau perbuatan . atau boleh dikatakan nama baik atau tidak itu
adalah tingkah laku atau perbuatan itu, antara lain secara berbahasa , cara
bergaul , sopan santun , disiplin pribadi secara menghadapi orang , perbutan
perbuatan yang di halangkan agama dan sebagainya .
tingkah
laku dalam mempertahankan nama baik pada hakikatnya sesuai dengan kodrat
manusia , yaitu.
1. Manusia
menurut sifat dasarnya adlah makhluk moral .
2. Adanya
aturan-aturan yang berdiri sendiri sebagai pelaku moral tersebut.
Pembalasan
Pembalasan
ialah sutu reaksi atas perbuatan orang lain , baik reaksi berupa perbuatan yang
serupa , perbuatan yang seimbang , atau tingkah laku yang seimbang .
Dalam
AL-Quran pun terdapat ayat-ayat yang menyatakan bahwa tuhan mengadakan
pembalasan . bagi mereka yang bertakwah kepada Tuhan akan di beikan balasan
pahala dan bagi yang menginkari perintah tuhan pun di berikan balsan yang
seimbang yaitu siksaan neraka.
Pembalasan
terjadi akibat adanya pergaulan . pergaulan yang bersehabat mendapat balasan
yang bersahabat mendapatkan balasan yang bersahabat . sebaiknya, peergaulan
yang penuh kecurigaan menimbulkan balasan yang tidak bersahabat pula.
Pada
dasarnya , manusia adalah makhluk moral dan makhluk social . dalam pergaulan ,
manusia harus mematuhi norma-norma untuk mewujudkan moral itu . orang yang
berbuat amoral berarti telah melanggar atau memperkosa hak dan kewajiban
manusia lain.
Oleh
karena itu tidak ada seseorang pun yang menghendaki hak dan kewajiban nya
dilarang atau di perkosa . itulah sebabnya manusia berusaha mempertahankan hak
dan kewajiban itu .Mempertanankan hak dan kewajiban itulah yang tergolong
pembalasan
BAB
III
PRNUTUP
Arti cinta kasih adalah bersumber pada
ungkapan perasaan yang di dukung oleh unsure karsa yang berpa tingkah laku dan
pertimbagan dengan dengan akal yang menimbulkan rasa tanggung-jawab dan dalam
cinta kasih tersimpul pula rasa kasih sayang dan kemesraan dan belas kasih dan
pengabdiannya .
DAFTAR PUSTAKA
Nurhayati,
Mawardi, IAD ,ISD, IBD,Pusta Setia ,bandung, 2000.
Hariyanto,Rudy,
Ilmu Alamiah Dasar, Sekolah tinggi Agama islam Negeri , Pamekasan Madura , 2010.
Susanto
, Edi , Buku Ajar Ilmu Alamiah Dasar, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri,
Pamekasan Madura, 2006 .
http://
sidrotullailiy. blogspot.co.id./2015/10/keadilan-manusia. html.
[1] Mawardi Nurhayat, IAD ,ISD, IBD, (Bandung),Pusta Setia ,bandung, 2000. hlm.167-168
[2]
Rudy
Haryanto, Ilmu Alamiah Dasar, (Pamekasan),
Sekolah tinggi Agama islam Negeri, Pamekasa Madura , 2010. hlm. 69-71
[3]
Edi
Susanto, Buku Ajar Ilmu Alamiah Dasar,
(Pamekasan), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri, Pamekasan Madura, 2006. hlm.
72-76
[4]
http://
sidrotullailiy. blogspot.co.id./2015/10/keadilan-manusia. html.
0 Komentar untuk "manusia dan cinta kasih, keadilan, dan penderitaan"