ca-app-pub-7044437663567666/2222590119

Click Here. Get Money

manusia dan cinta kasih, keadilan, dan penderitaan




BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang 
mausian dan cinta kasih . penderitaan dan keadilan adalah ungkapan perasaan yang didukung oleh unsure karsa . yang berupa tingkah laku manusia dan pertimbagan dengan akan yang menimbulkan tanggung jawabnya . dalam kasih tersimpul keadilan yang seimbang antara hak dan kewajiban manusian.
Dengan membaca isi makalah ini dan pembahasannya semuga teman-teman bisa mengambil manfaat dari makalah ini dan bisa memahaminya .
Dan untuk memperjelas isi dari makalah ini kami akan membuat rumusan makalah sebagai berikut.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan arti cinta kasih ?
2.      Apa yang di maksud dengan manusia dan penderitaan ?
3.      Apa yang di maksud dengan keadilan ?

C.       Tujuan Masalah
1.      Untuk mengetahui apa arti cinta dan kasih.
2.      Untuk mengetahui apa  arti penderitaan.
3.      Untuk mengetahui apa arti keadilan .





BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Arti cinta kasih
cinta kasih bersumber pada ungkapan perasaan yang di dukung oleh unsure karsa , yang dapat berupa tingkah laku dan pertimbagan dengan akal yang menimulkan tanggung jawab . dan cinta kasih tersimpul pula rasa kasih sayang dan kemasraan .belas kasih dan pengabbdian .cinta kasih yang disertai dengan tanggung jawab menciptakan keserasian , keseimbangan , dan antara manusia dengan tuhan .
Apabila di rumuskan secara kesadaran , cinta kasih adalah perasaan kasih sayang , kemesraan ,belas kasihan dan pengabdian yang di ungkapkan dengan tingkah laku yang bertanggung –jawab .tanggunng jawab artinya akibab yang baik , positif, berguna, saling menguntungkan , menciptakan keserasiaan , keseimbangan, dan kebahagiaan. [1]
Macam-macam cinta kasih
Adanya beberapa macam cinta kasih ,yaitu sebagai berikut .
1.      Cinta kasih antar orang tua dan anak , orang tua yang memperhatikan dan memenuhi kebutuhan anaknya, berarti mempunyai rasa cinta kasih terhadap anak . mereka selalu mengharapkan agar anaknya menjadi orang baik dan berguna di kemudian hari.
2.      Cinta kasih antar pria dan wanita .seseorang menaruh perhatian terhadap seorang  gadis dengan prilaku baik ,lemah lembut ,sopan ,apalagi memberikan seuntai mawar merah ,mearti  ia menaruh cinta kasih terhadap  gadis itu.
3.      Cinta kasih antar sesame manusia .apabila seorang sahabat berkunjung kerumah kawannya yang sedang sakit dan membawa obat kepadanya berarti bahwa sahabat itu menaruh cinta kasih terhadap kawannya yang sakit itu.
4.      Cinta kasih antara manusia dan tuhan . apabila seorang taat beribadah , menurut perintah tuhan , dan menjahui larangan-nya , orang itu mempunyai cinta kasih kepada tuhan penciptanya.
5.      Cinta kasih manusia terhadap lingkungannya. apabila seseorang menciptakan taman yang indah ,memelihara taman pekarangan ,tidak menebang kayu di hutan seenaknya, menanam tanah gundul dengan teratur ,tidak berburu hewan secara semena-mena atau dikatakan bahwa orang itu menaruh cinta kasih atau menyayangi linkungan  hidupnya . 
Demikiananlah , berbagai contoh prilaku manusia yang melukiskan cinta kasih ,sebagai  kebutuhan kedrati manusia . M
Ungkapan cinta kasih
cinta kasih adalah ungkapan perasaan yang di wujudkan dengan tingkah laku ,seperti dangan kata-kata , tulisan, gerakan , atau media lainnya. ungkapan dengan kata- kata atau pernyataan , misalnya  ungkapan . Aku  cinta kepada mu . ungkapan dengan tulisan misalnya surat cinta , surat ibu kepada ibunya .ungkapan dengan gerakan misalnya salaman, pelukan, ciuman dan rangkulan . ungkapan dengan media misalnya setangkai bunga ,benda souvenir dan benda kado. ungkapan ungkapan selain dalam bentuk nyata ,juga dalam bentuk karya budaya,misalnya seni suara , seni sastra ,   seni drama ,film, dan seni lukis .[2]
orang yang mempunyai perasaan cinta kasih ,hidupnya penuh gairah, banyak inisiatif ,dan penuh kreatif. bagi seniman prilaku cinta kasih dituangkan dalam bentuk karya budaya sehingga dapat menikmati pula oleh msayrakat .dengan demikian masyarakat dapat menarik nilai-nialai kemanusiaan yang terungkapmelalui karya budaya itu .
B.     Manusia dan penderitaan
penderitaan berasal dari kata derita .berasal daribahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung .derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenagkan . penderitaan  itu dapat berbentuk lahir atau batin, kebudayaan termasuk  penderitaan ialah keluh kesah ,kesengsaraan , kelaparan ,kekenyangan , kepanasan dan lain-lain .
AI-Quran maupun kitab suci agama lain banyak menguraikan penderitaan manusia sebagai peringatan bagi manusia
ampir semua karya  besar dalam bidang seni dan filsafat lahir dari imajinasi penderitaan .Epos Ramayana dan maha Bharata merupakan salah satu contoh cerita yang penuh penderitaan .
karya Shakespeare  pun bayak menggunakan penderitaan batin yang di alami para pemeluknya .dalam dram Romeoa and juhet ,Shakespeare ingin mengemonikasikan penderitaan batin dua  maja yang sedang dilandai cinta . kedua orang tuanya saling bermusuhan ,sehingga tak mungkin bagi mereka untuk melengsungkan cintanya sampai jenjang perkawinan. Betapa terharu dan pilu hati pembaca atau penonton (flim) menyelesaikan ketragisan kedua remaja itu yang berakhir dengan kematian . disini kita mengharapkan dapa pihak –pihak yang di cekam oleh harga diri yang palsu atau lebih tepat kesombongan orang tua . karena sifat dan sikap yang congkak itu, anak mereka sangat di cintai menjadi korban .
Dalam riwayat nabi Muhammad SAW pun , di ceritakan bahwa beliau di lahirkan sebagai anak yatim dan kemudian yatim piatu , yang di besarkan kakeknya kemudian pamannya.beliau mengembala kambing, berkerja pada orang , dan sebagiannya bahkan sebagai besar hidupnya mengalami penderitaan yang luar biasa .
Dalam riwayat hidup Budha Gautama , yang di pahatkan dalam bentuk relief dapa dingding candi Borobudur kita juga melihat adanya penderitaan , meskiun berupa relief , hati kita pilu dan haru pada saat melihatnya seorang pangeran ( Sidharta ) yang meninggalkan istana yang bergemerlapan , masuk hutan menjadi bhiksu dan makan dengan cara mengemis. mengembara di hutan yang penuh penderitaan dan tangtanggan .
kalau kita baca buku riwayat hidup orang orang besar, semuanya di mulai dengan penderitaan Hamka , mengalami penderitaan yang hebat pada masa kecilnya ,hingga ia hanya sempat mengecapkan sekolah kelas II saja . namun iya mampu menjadi orang terkenal , orang besar  pada zaman nya , berkat pejuangan hiduonya melawan penderitaan .

 Siksaan
 Apa bila berbicara tentang siksaan , terbayang di benak kita sesuatu yang sangat mengerikan , bahkan mendirikan bulu kuduk kita . di dalam benak kita , terbayang seseorang yang tinggi besar, kokoh yang kuat dan dengan muka yang seram sedang memegang cemeti yang siap menyabukkan tubuh orang yang akan di siksa , atau ia memegang tang atau siap mencopot kuku orang yang di siksa . mungkin juga sang penyiksa sedang merokok dan bermaksud untuk menyulut sekujur tubuh orang yang di siksa itu memenuhi pemertaan penyiksa atau sebagai perbuatan balas dendam.
Rasa sakit
rasa sakit adalah rasa yang penderitaan akibat menderita suatu penyakit .rasa sakit ini dapat menimpa setiap manusia karya miskin besar , tua muda , berperangkat atau rendahan tak dapat menghindarkan diri darinya . orang bodoh atau pintar bahkan dokter sekalipun .
penderitaan ,rasa sakit, dan siksaan merupakan rangkaian peristiwa yang satu dan lainnya tak dapat dipisahkan merupakan tentara sebab akibat nya , karena siksaan , orang merasa sakit , dank arena merasa sakit ,orang menderita .atau sebaliknya , karna penyakit nya tak sembuh-sembuh , ia merasa tersiksa hidupnya, dan mengalami penderitaan
Neraka
berbicara tentang nerakan , kita selalu ingat kepada dosa . juga terbayang dalam kein gatan kita, siksaan yang luar biasa , rasa sakit dan penderitaan yang hebat . jelas bahwa antara neraka ,siksaan ,rasa sakit, dan penderitaan terhadap hubungan tak dapat di pisahkan satu sama lain .empat hal itu merupakan rangkayan sebab akibat .
manusia masuk neraka karena dosanya .oleh karna itu bila kita berbicara tentang neraka tentu berkaitan dengan dosa . berbicara tentang dosa berarti juga berbicara tentang kesalahan .
C.    Manusia dan keadilan
keadilan adalah penguat dan perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban . jika mengakui hak hidup kita wajib mempertahankannya dengan berkerja keras tampa merugikan orang lain ,karna orangpun mempunyai hak hidup seperti kita .jika kita mengakui hak hidup orang lain kita wajib memperkesepakatan kepada untuk mempertahankan hak hidup mereka sendiri . jika keadilan pada pkoknya terletak pada keseimbagan atau keharmonisan atara penuntut hak dan orang yang menjalankan kewajibannya .
berdasarkan kesadaran etis ,kita tidak boleh hanya menuntut hak tampa memperhatikan kewajiban jika hal itu terjadi sikap dan tindakan kita akan mengarah kepada pemerasan dan memperbudak orang lain .
sebagai contoh seorang kariawan yang hanya menuntut hak kenaikan upah tampa meningkatkan hasil kerjanya cenderung  disebut pemerasan, sebaliknya ,orang majikan yang terus menerus memeras tenaga orang lain ,tampa memerhatikan kenaikan upah dan kesejahteraannya cenderung memperbudak penawainya . oleh karna itu ,untuk memperoleh keadilan , misalnya , kita menuntut kenaikan upah ,tetapi mengiringi dengan usaha meninggalkan prestasi jika kita . Apabila kita menjadi majikan, kita harus memikirkan keseimbagan kerja dengan upah yang mereka terima .
Kejujuran
jujur atau kejujuran berarti sesuai dengan dengan hati nurani .jujur berarti besih hati dari perbuatan yang dildrang oleh Negara dan hukum jujur berarti pula menepati  janji ,baik yang telah terlahir dalam kata- kata maupun dalam niat, dengan cra menepati .apabila niat tadi berakhir dalam kata-kata , maka kebohongannya akan disaksikan oleh orang lain.[3]
Kurangan  
Curang atau kekurangan artiya tidak sesuai dengan hati nurani . namun , bisa saja , seseorang telah berniat curang atau memperoleh keuntugan tampa harus berusaha keras . keuntugan disini adalah keuntugan yang berupa materi . pelakunya menganggap bahwa materi mendatang kesenagan , meskipun orang lain menderita karenanya .kecurangan menyebabkan manusia menjadi serakah ,tamak, ingin menimpun kekayaan yang berlebihan dengan tujuan agar dianggap sebagai orang yang hebat, paling kaya , dan senang bila masyarakat keselilingnya hidup mederita orang seperti itu biasanya tidak senang bila ada yang melebihi  kekayaannya , padahal agama apapun tidak menebarkan orang mengumpulkan harta dengan jalan curang.
Ditinjau dari hubungan manusia dengan alam sekitarnya ada empat aspek yang menyangkut hidup manusia yakni aspek ekonomi , aspek kebudayaan , aspek peradaban , dan aspek tehnik , apa bila keempat aspek tersebut dilaksanakan secara wajar , segalanya akan menjalan sesuai dengan norma –norma moral dan norma hukum . akan tetapi, apabila hati manusia hati manusia telah digerogoti jiwa tamak ,iri , dengki iya akan  melakukan perbuatan norma tersebut, dan terjadilah kekurangan .
Pemulihan Nama Baik
Nama baik merupakan tujuan utama orang hidup . Setiap orang berusaha untuk menjaga agar namanya tetap baik . lebih –lebih jika ia adalah teladan bagi orang lainnya.
Ada pribahasa yang berbunyi dari pada berputih mata lebih baik berputih tulang yang artinya orang lebih baik mati dari pada malu, betapa besar nilai nama baik itu sehingga nyawa menjadi taruhannya setiap orang tua selalu perpesan kepada anaknya . jagalah nama keluargamu . dengan menyebut nama berarti sudah mengandung arti nama baik . adpula pesan orang tua jangan membuat malu . pesan itu juga berarti menjaga nama baik orang tua yang menghadapi anaknya yang sudah dewasa seling kali berpesan laksanakan kau anggap baik dan jangan kau laksanakan apa yang kau anggap tidak baik, dengan melaksanakan apa yang baik berarti menjaga nama baik dirinya sendiri , yang berarti menjaga nama baik keluarga . [4]
penjaga nama baik erat berhubugan dengan tingkah laku atau perbuatan . atau boleh dikatakan nama baik atau tidak itu adalah tingkah laku atau perbuatan itu, antara lain secara berbahasa , cara bergaul , sopan santun , disiplin pribadi secara menghadapi orang , perbutan perbuatan yang di halangkan agama dan sebagainya .
tingkah laku dalam mempertahankan nama baik pada hakikatnya sesuai dengan kodrat manusia , yaitu.
1.      Manusia menurut sifat dasarnya adlah makhluk moral .
2.      Adanya aturan-aturan yang berdiri sendiri sebagai pelaku moral tersebut.
Pembalasan
Pembalasan ialah sutu reaksi atas perbuatan orang lain , baik reaksi berupa perbuatan yang serupa , perbuatan yang seimbang , atau tingkah laku yang seimbang .
Dalam AL-Quran pun terdapat ayat-ayat yang menyatakan bahwa tuhan mengadakan pembalasan . bagi mereka yang bertakwah kepada Tuhan akan di beikan balasan pahala dan bagi yang menginkari perintah tuhan pun di berikan balsan yang seimbang yaitu siksaan neraka.
Pembalasan terjadi akibat adanya pergaulan . pergaulan yang bersehabat mendapat balasan yang bersahabat mendapatkan balasan yang bersahabat . sebaiknya, peergaulan yang penuh kecurigaan menimbulkan balasan yang tidak bersahabat pula.
Pada dasarnya , manusia adalah makhluk moral dan makhluk social . dalam pergaulan , manusia harus mematuhi norma-norma untuk mewujudkan moral itu . orang yang berbuat amoral berarti telah melanggar atau memperkosa hak dan kewajiban manusia lain.
Oleh karena itu tidak ada seseorang pun yang menghendaki hak dan kewajiban nya dilarang atau di perkosa . itulah sebabnya manusia berusaha mempertahankan hak dan kewajiban itu .Mempertanankan hak dan kewajiban itulah yang tergolong pembalasan







BAB III
PRNUTUP
Arti cinta kasih adalah bersumber pada ungkapan perasaan yang di dukung oleh unsure karsa yang berpa tingkah laku dan pertimbagan dengan dengan akal yang menimbulkan rasa tanggung-jawab dan dalam cinta kasih tersimpul pula rasa kasih sayang dan kemesraan dan belas kasih dan pengabdiannya .
















DAFTAR PUSTAKA
Nurhayati, Mawardi, IAD ,ISD, IBD,Pusta Setia ,bandung, 2000.
Hariyanto,Rudy, Ilmu Alamiah Dasar, Sekolah tinggi Agama islam Negeri , Pamekasan  Madura , 2010.
Susanto , Edi , Buku Ajar Ilmu Alamiah Dasar, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri, Pamekasan Madura, 2006 .
http:// sidrotullailiy. blogspot.co.id./2015/10/keadilan-manusia. html.













[1]  Mawardi Nurhayat, IAD ,ISD, IBD, (Bandung),Pusta Setia ,bandung, 2000. hlm.167-168
[2] Rudy Haryanto, Ilmu Alamiah Dasar, (Pamekasan), Sekolah tinggi Agama islam Negeri, Pamekasa Madura , 2010. hlm. 69-71

[3] Edi Susanto, Buku Ajar Ilmu Alamiah Dasar, (Pamekasan), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri, Pamekasan Madura, 2006. hlm. 72-76

[4] http:// sidrotullailiy. blogspot.co.id./2015/10/keadilan-manusia. html.

0 Komentar untuk "manusia dan cinta kasih, keadilan, dan penderitaan"

Easy Get Money

Entri Populer

Back To Top