ca-app-pub-7044437663567666/2222590119

Click Here. Get Money

CONTOH RPP untuk Madrasah Tsanawiyah

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan           : MTs Miftahul Ulum 
Mata Pelajaran                  : IPS Terpadu
Materi Pokok                 : Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia
Kelas                                 : VII 
Alokasi waktu                  : 1 x 40 menit
A.    Kompetensi Inti
KI1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI3
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI4
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indeks Pencapaian Komptensi ( KD dan IPK )
KD 3 ( Pengetehauan )
Indikator Pencapaian kompetensi ( IPK )
3.3 Memahami konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antar ruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.
1.      Menjelaskan pengertian kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia.
2.      Menjelaskan pengertian kebutuhan manusia.


KD 4 ( Keterampilan )
Indikator Pencapaian kompetensi ( IPK )
4.3 Menjelaskan hasil analisis tentang konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antar ruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia.
1.       Menentukan jenis-jenis kelangkaan yang menjadi permasalahan ekonomi manusia di daerah sekitar peserta didik.
2.       Menentukan jenis-jenis kebutuhan manusia di sekitar peserta didik.



C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menjelaskan pengertian dari kelangkaan dengan benar.
2.      Siswa dapat menjelaskan pengertian dari kebutuhan manusia dengan benar.
3.      Siswa mampu menerapkan sikap hemat kepada apapun jenisnya.
4.      Siswa mampu mengatur kebutuhan hidupnya.
5.      Siswa mampu membedakan mana kebutuhan dan keinginan dalam hidup.
6.      Siswa dapat menentukan jenis-jenis kelangkaan denga tepat.
7.      Siswa dapat menentukan jenis-jenis kebutuhan manusia dengan tepat.
8.      Siswa mampu mengatasi kelangkaan yang ada disekitarnya.
9.      Dengan adanya pembelajaran kelangkaan dan kebutuhan manusia siswa diharapkan dapat mengetahui kelangkaan dan kebutuhan yang menjadi permasalahan ekonomi manusia.
10.  Dengan adanya pembelajaran kelangkaan dan kebutuhan manusia siswa diharapkan dapat mengatasi permasalahan ekonomi manusia.
11.  Setelah pembelajaran siswa dapat melakukan diskusi dengan temannya mengenai kelangkaan dan kebutuhan manusia.
12.  Siswa mampu memberikan pemahaman kepada diri sendiri maupun temannya mengenai pengertian kelangkaan dan kebutuhan manusia beserta jenis-jenisnya.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
 Materi Pembelajaran: Kelangkaan dan kebutuhan manusia
1.      Pengertian kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia.
2.      Pengertian kebutuhan manusia
3.      Jenis-jenis kelangkaan
4.      Jenis-jenis kebutuhan manusia

E.     Pendekatan dan Model Pembelajaran
Pendekatan                      : Scientifik
Metode pembelajaran       : Ceramah, Tanya Jawab, dan Diskusi
Model Pembelajaran        : Problem based learning

F.     Media dan Sumber Belajar
1.      Media                        : LCD proyektor dan komputer serta tayangan slide power point (ppt) yang telah disiapkan, video, media cetak, manusia dan lingkungan.
2.      Sumber                      : Buku Pegangan guru IPS kelas VII, Buku Siswa IPS kelas VII, Buku IPS lain yang relevan, internet, narasumber, dan lingkungan sekitar.


G.    Langkah –Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan Salam, doa, dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2.      Apersepsi: Dengan menanyakan pada peserta didik : Apa yang dimaksud dengan kelangkaan?, apa yang dimaksud dengan kebutuhan?. Dengan pertanyaan tersebut diharapkan mampu mengajak peserta didik mengamati gambar didalam power point atau video yang disajikan oleh guru.
3.      Menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran kepada para siswa di dalam kelas.
10 Menit

Kegiatan Inti
Langkah 1. Melakukan pengamatan
1.    Peserta didik diminta untuk mengamati dengan membaca slide powerpoint yang ditampilkan di depan kelas untuk merangsang rasa ingin tahu peserta didik dan dari gambar tersebut.
2.    Peserta didik memperhatikan dan menyimak uraian singkat dari power point tentang materi yang dibahas yaitu kelangkaan dan kebutuhan manusia.
3.    Peserta didik menanggapi  pertanyaan dari gurunya dan langsung membandingkan gambar di slide dengan buku paketnya.
4.    Setelah peserta didik paham, guru langsung memberikan arahan serta motivasi kepada siswa dengan kata-kata mutiara.
Langkah 2. Merumuskan pertanyaan
1.      Berdasarkan slide powerpoint yang ditampilkan Peserta didik menanyakan atau mempertanyakan tentang pengertian dan jenis kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia dan pengertian kebutuhan manusia beserta jenis-jenisnya.
2.      Dalam merumuskan pertanyaan peserta didik diminta untuk berdiskusi dengan teman sebangkunya.
3.      Secara bergantian acak siswa diminta untuk membacakannya, sedangkan teman lainnya mendengarkan dan menulisnya.
4.      Siswa kemudian saling berdiskusi untuk menjawab pertanyaan yang telah di ajukan oleh temannya.
5.      Setelah semua di jawab oleh siswa maka guru langsung memberikan kesimpulan jawaban yang benar dan mengklarifikasikan semua jawaban dari peserta didik.
Langkah 3. Mengumpulkan Informasi
1.      Peserta didik secara individu mengumpulkan data atau informasi menggunakan buku pegangan siswa.
2.      Peserta didik membaca buku teks pelajaran/referensi lain yang relevan tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia.
3.      Guru mengajukan pertanyaan terkait dengan pembuktian pertama dan mengarahkan serta memotivasi peserta didik untuk membuktikan kembali dengan cara lain yang berbeda.
4.      Setelah  diskusi  selesai,  beberapa  perwakilan peserta didik  menyajikan  secara  lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari atau didiskusikan
Langkah 4. Mengasosiasi
1.      Peserta didik melakukan kegiatan curah pendapat untuk mengalisis kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia (aktivitas kelompok pada buku siswa).
2.      Peserta didik merumuskan simpulan dari hasil curah pendapat tentang kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi manusia (aktivitas kelompok pada buku siswa).
Langkah 5. Mengkomunikasikan
1.      Peserta didik mempresentasikan hasil analisis data di depan kelas yang diwakili oleh salah satu anggota kelompok, dan anggota kelompok lain memberikan tanggapan.
2.      Peserta didik menyajikan hasil kesimpulan tersebut pada lembar kertas sebagai laporan hasil diskusi masing-masing kelompok.
20 Menit
Penutup
1.         Peserta didik diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
2.         Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh peserta didik.
3.         Peserta didik diminta melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran yang terkait dengan penguasaan materi, pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan.
4.         Peserta didik diberi pesan tentang nilai dan moral.
5.         Peserta diingatkan untuk menyempurnakan laporan hasil diskusi kelompok tentang jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan untuk dikumpulkan kepada guru.
6.         Peserta didik diingatkan untuk membaca materi pada sub bab berikutnya yaitu kegiatan.
7.         Guru mengakhiri pembelajaran dengan membaca doa secara bersama-sama.
10 Menit

H.    Penilaian
1        Penilaian Sikap Spiritual
Teknik                                 : Non Tes
Bentuk Instrumen               : Observasi
Waktu Pelaksanaan                        : Saat Pembelajaran selesai
2        Penilaian sikap Sosial
Teknik                                 : Non Tes
Bentuk Instrumen               : Observasi
Waktu Pelaksanaan                        : Saat Pembelajaran selesai
3        Penilaian Pengetahuan
Teknik                                 : Tes
Bentuk Instrumen               : Pilihan ganda, dan isian/essay
Waktu Pelaksanaan                        : Saat Pembelajaran selesai
4        Penilaian Keterampilan
Teknik                              : Tes
Bentuk Instrumen       : Pratikum dan Menganalisis langsung masalah kelangkaan dan kebutuhan Manusia
Waktu Pelaksanaan          : Saat Pembelajaran selesai

Pamekasan, 25 Oktober 2018

Mengetahui,
Kepala MTs Miftahul Ulum




           Muradi Salim, S.Pd.I

                                  
                                       Guru Mata Pelajaran

  

                            
                                         Kelompok 2

Tag : Makalah
0 Komentar untuk "CONTOH RPP untuk Madrasah Tsanawiyah"

Easy Get Money

Entri Populer

Back To Top